Jumat, 22 Januari 2010

buat yang naik motor

sebenernya ini ud lama ada dalam kepala gw cuma gw suka lupa jd mumpung inget gw tulis aja deh. jadi UU Lalu Lintas yg baru khan ud sah berlaku nah ada satu pengaturan yg buat gw bingung dan marah sekaligus. UU Lalin yg baru ngatur klo motor harus ada di lajur kiri barangsiapa pengendara motor berada di lajur kanan akan dihukum.
gw rasa yah peraturan kaya gini tuh diskriminatif terhadap pengendara motor. pendapat gw ini bukan semata2 karena sensi doang. sekarang klo dipikir bener2 yah lajur kiri di jakarta tuh isinya ud penuh dengan bis dan angkot, yang mana sikap pengemudinya lebih B*******K dari pengendara motor. kedua, asep dari kedua kendaraan tersebut, apalagi bis, tuh ud ga jauh beda sama gas yg dipake NAZI di gas chamber. bedanya klo gas yg dipake NAZI membunuh dengan waktu yg cepat nah klo asep angkot dan bis membunuh dengan waktu yg lama. gw rasa yg buat itu peraturan ga pernah naek motor di belakang bis kali! bukan cuma muka doang yg dekil gara2 kena asep knalpot tp juga bisa bikin bengek (apalagi klo emang ud bengek bawaan). sekarang coba bayangin ada keluarga, ayah, ibu, dan satu anak kecil (misalnya SD). bayangin klo bapak atau ibunya ngajak anaknya naek motor, misalnya nganter skolah, nah lajur yg dilewatin itu rute yg harus yg ramai sama kendaraan umum, contoh Jl DI Panjaitan. apa yg buat peraturan ga kasihan ama itu anak selama 6 tahun dikasih sarapan asep knalpot bis sama angkot. gmn mau sehat anak indonesia klo dikasih sarapan asep, mending nasi uduk!
klo diliat dari sisi hukum, secara 4 taon lebih makan buku undang2, ini peraturan melanggar hak konstitusional WN RI yg naek motor. pertama, pasal 33 ayat 3 UUD 1945 amandemen keempat ngatur bahwa bumi dan air dan kekayaan alam yang terkandung didalamnya dikuasai negara dan digunakan sebesar2nya untuk kemakmuran rakyat. emang klo lajur motor dipisahin dari mobil seluruh rakyat indonesia jadi makmur? i dont think so! yg naek motor jadi bengek iya. belum lagi UU nomor 5 tahun 1960 tentang Pokok2 Agraria yg bilang klo tanah itu Hak Bangsa Indonesia, gw rasa ini termasuk tanah yg digunakan untuk fasilitas jalan. jadi peraturan ini sudah di-derogat oleh kedua aturan yg gw sebut, gw rasa yah.
yah cuma gw jg bingung siy sama sodara gw pengendara motor yg laen. abis kadang2 sikap doi suka menang sendiri, kadang ada yg terlalu nge-fans ama Valentino Rossi ditiru di jalanan umum. apalagi populasi motor ud bnyak bgt, ud gtu ga bisa di-KB biar terkontrol. gw rasa siy ini jg yg mendasari lahirnya peraturan tersebut. cuma gw rasa apa ga ada jalan lain yg bisa ditempuh, klo memang itu masalahnya. gw rasa akan lebih bijak jika penguasa ngeluarin aturan yg tidak mengkebiri hak orang laen. toh yg naek motor jg bayar pajak kaya yg naek mobil pribadi. cuma klo kaya gtu bukan Indonesia namanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar